Nabi Muhammad saw oleh Inas

Thu Aug 26 2021 03:23:28 GMT+0000 (Coordinated Universal Time)

Adalah seorang nabi dan rasul terakhir yang lahir pada hari Senin, 9 Rabiul Awal, bertepatan pada tanggal 20/22 April tahun 571 M, sekaligus peristiwa biasa disebut tahun gajah.

Beliau dilahirkan dari rahim seorang ibu yang bernama Aminah binti Wahb bin Abdi Manaf dan ayah bernama Abdullah bin Abdul Muthalib bin Hasyim (Amru). Memiliki ibu susu yang bernama Halimah binti Abu Dzuaib. Dirawat serta dibesarkan sampai terjadinya peristiwa pembelahan dada di umur 6 tahun. Karena Halimah takut Rasulullah kenapa-kenapa, akhirnya dikembalikanlah kepada ibunya, Aminah.

Lalu, ketika Aminah merasa perlu mengenang suamionya, Abdullah, yang telah meninggal dunia, Aminah, Rasul, bersama rombongannya itu pun melakukan perjalanan sejauh 500 km, menetap di Yastrib, Madinah, selama 1 bulan. Setelah itu, mereka bersiap-siap untuk kembali/pulang ke Makkah. Di perjalanan, Aminah jatuh sakit dan akhirnya meninggal dunia di Abwa'. Kembalilah beliau ke tempat kakeknya, Abdul Muthalib.

Hatinya bergetar oleh perasaan kasih sayang yang tidak pernah dirasakan sekalipun oleh anak-anaknya sendiri. Bahkan, Abdul Muthalib lebih mengutamakan cucunya daripada anak-anaknya karena Abdul Muthalib tidak ingin cucunya hidup sebatang kara. Pada usia Rasul 8 tahun lebih 2 bulan 10 hari, kakek beliau meninggal dunia, tetapi sebelum meninggal dunia, Abdul Muthalib sudah menitipkan pengasuhan sang cucu kepada pamannya.

Abu Thalib menganggap Rasul sebagai anaknya sendiri. Bahkan, lebih mendahulukan kepentingan Beliau daripada anak-anaknya serta selalu menujaga, melindungi beliau hingga nafas terakhirnya. Tetapi, Abu Thalib tidak mengucapkan syahadat sebelum meninggal. Maka, Abu Thalib tetap keadaan musyrik.

Buat yang mau donasi untuk kelangsungan komunitas Echlus, silahkan transfer ke halaman donasi kami.