Menulis? Buat apa?

Tue Aug 31 2021 22:30:42 GMT+0000 (Coordinated Universal Time)

Bagiku, menulis adalah kebutuhan. Eh. Kok bisa?

Dengan menulis, aku bisa menyimpan sesuatu. Tentunya menyimpan pengetahuan, karena aku belum terbiasa menyimpan memori/kesan. Nah, biasa kan aku menulis di blog ini (setelah menulis di puluhan blog yang udah mati).

Selain untuk catatan pribadi, aku menulis juga untuk catatan kepada orang lain. Misalnya aja ada yang nggak tau gimana caranya routing berbasis file di Solid maupun di Vue, aku tinggal kasih tutorialnya. Atau, ada yang bingung bagaimana cara menampilkan penghitung kata di dashboard Blogger. Atau ada yang nggak tau gimana cara menggunakan SvelteKit. Nah, kalau kita udah nulis kan tinggal kasih linknya.

Setiap manusia biasanya memiliki suatu pegangan atau aji-ajian untuk melewati setiap manis getirnya kehidupan mereka. Mungkin bisa kita sebut bahwa aji-ajian itu adalah sesuatu yang nyaman bagi mereka, sesuatu yang akan membuatnya senantiasa stabil dalam melewati setiap peristiwa. Bagiku, yang membuat stabil itu adalah menulis. Dengan menulis, aku bisa "menetralkan" setiap peristiwa yang aku alami; baik itu dengan menganggapnya sebagai sesuatu yang biasa aja setelah menuliskannya atau mencoba mengabadikannya dalam tulisan-tulisan yang aku buat.

Kurasa, sejak SMP, aku melakukan hal seperti ini. Seingatku, ketika SD masih suka berkutat dengan dunia matematika yang seru. Lalu, saat SMP, mulai tertarik dengan dunia sastra dan tulis-menulis. Namun, karena di pondok pesantren itu nggak boleh membawa HP maupun laptop, aku pun menuliskannya di buku tulis. Sederhana memang.

Tanggapan komentar

Udah gitu aja bang zen? Ceritain perjalanan menulisnya dong. Sejak kapan dan apa aja yang udah dicapai lewat menulis?

Ini dulu aja deh. Nanti juga aku tambahkan lagi kok kalau ada ide. Jadi, postingan ini bakalan terus aku edit.

Saya juga suka nulis untuk informasi aja siapa tau nnti punya anak dan bnyak tanya tentang kehidupan, tinggal bilang baca aja blog bapak semua pengalaman hidup ada sua didalam hehe

Yang penting jangan lupa perpanjang domain ya... Hehehehe...

yang penting menulis itu konsisten ya Bang. Walau hanya 300 kata tapi yang penting blog ga kayak sarang laba laba

Hehehehehhee.... Tulisan ini mah nggak sampai 300 kata.

Buat yang mau donasi untuk kelangsungan komunitas Echlus, silahkan transfer ke halaman donasi kami.

Penasaran dong, apa sih yang ditulis di buku tulis pas di pondok pesantren? Kalau sekarang prioritas menulis untuk apa bang? Kepo dong
Dengan menulis banyak orang bisa mecapai well-being nya ya Mas, berasa ada vibes yg positif banget gitu kl udah publish artikel blog ya
yang penting menulis itu konsisten ya Bang. Walau hanya 300 kata tapi yang penting blog ga kayak sarang laba laba
Setuju sih dengan kalimat menulis adalah kebutuhan. Memang bukan sekedar urusan finansial saja ya. Berbeda pastinya setiap orang alasan masih suka menulis. Saya sendiri pun sebagai salah satu bentuk menyalurkan perasaan dan cerita pengalaman.
Udah gitu aja bang zen? Ceritain perjalanan menulisnya dong. Sejak kapan dan apa aja yang udah dicapai lewat menulis?
Saya juga suka nulis untuk informasi aja siapa tau nnti punya anak dan bnyak tanya tentang kehidupan, tinggal bilang baca aja blog bapak semua pengalaman hidup ada sua didalam hehe
Setuju, bagi saya menulis seperti menyalurkan emosi dan mengurainya, selain itu sebagai cara komunikasi yang lebih detail yang tak bisa atau kurang ketika diucapkan dengan lisan. Menulis bagi saya candu sih :)
Nagi saya, menulis itu jadi jalan untuk menyalurkan banyak sekali keresahan yang berujung dengan hadirnya rasa ingin tahu juga ide ide yang bermunculan. Nggak menulis dalam seminggu bisa buat saya rindu.
Kalau bagiku itu, menulis itu melepaskan segala keresahan. Lama kelamaan ya jadinya ingin banyak berbagi cerita. Akhirnya kalau nggak menulis seminggu saja, kangennya luar biasa.
Kalo bagi emak kayak saya.. menulis itu stress release.. sekalian juga healing ini mah.. makanya harus disediakan waktu khusus buat nulis. Biar Emak tetap waras ya kan..
nah lhooo menulislaaah jika kau ingin dikenal dunia, hehe :) semangat terus berkarya biar bermanfaat ya -catatanatiqoh-
Saya menulis buat menyimpan kenangan juga... atau tips tips yang berguna buat saya. sekalian di share ke khayalak, siapa tau ada yang butuh juga ye kan...