Kondisi di mana kita nggak perlu TypeScript

Tue Sep 21 2021 05:30:05 GMT+0000 (Coordinated Universal Time)

Tentu saja saat kita menggunakan IDE yang nggak mendukung.

Kan, aku menggunakan Svelte untuk mengerjakan berbagai project. Nah, secara default, TypeScript nggak mendukungnya karena bentuk Svelte tu kayak gini:

<script lang="ts">
 const nama: string = "World"
</script>

<h1>Hello {nama}</h1>

Nah, kita lihat kan bentuk di atas, dia tu bukan JavaScript. Jadi, nggak bisa diolah dengan TypeScript. Svelte itu kayak HTML, makanya Svelte mengeluarkan extension khusus supaya TypeScript bisa melakukan type checking di VSCode.

Terus, bagaimana dengan code editor lain?

Ya nggak bisa type checking deh. Bisanya ya cuma syntax highlighting aja.

Mungkin bisa sih kalau kita membuat package Sublime sendiri di mana ketika ada tag script, maka di dalamnya menjalankan package TypeScript. Aku ada kepikiran itu tapi belum mencobanya. Soalnya, kemaren sempat berhasil sih buat package untuk Astro. Mungkin bisa juga buat Svelte supaya type checkingnya aktif.

Tapi, nanti aja deh. Mau nyantai dulu aku.

Nah, karena nggak bisanya Sublime menjalankan type checking ini, aku pun jadi galau. Apakah aku harus berganti text editor dengan menggunakan VSCode? Aku pun melakukannya. Tapi sayangnya, laptop langsung ngelag.

Belum aku coba di laptop satunya sih. Tapi, laptop satunya itu 32 bit. Aku sudah pesimis duluan.

Atau, mungkin mencoba cara lainnya, yaitu lebih radikal: berganti framework? Aku pun mencoba menggunakan React maupun Solid, tapi ternyata lebih enak di Svelte eh. Terutama di bagian bind:group yang aku belum menemukan padanannya di framework lainnya.

Jadi galau eh mau pakai TypeScript.

Buat yang mau donasi untuk kelangsungan komunitas Echlus, silahkan transfer ke halaman donasi kami.